PAHLAWAN SUDAH, KITA KAPAN?

Merdeka! Merdeka! Merdeka!
Lho, lho, ada apaan itu kok bilang-bilang begitu segala, bunyinya serempak lagi. Ups betul Shobat, kalau itu adalah bunyi semangat para warga di Indonesia dalam memperingati Hari Pahlawan yang jatuh pada tanggal 10 November. Nah, sekarang kamus mengadakan edisi yang spesial yaitu tentang Pahlawan. Shobat, sudah tahu belum apa itu pahlawan? E e e, bagi Shobat yang sudah tahu saya beri 4 jempol deh, terus untuk yang belum tahu maaf Kamus tidah bisa kasih jempol satupun. Tapi tenang saja Shobat, kamus akan kasih tahu kok apa sih arti pahlawan itu!
Shobat, percaya tidak kalau arti pahlawan itu berasal dari sebuah kata benda?  Kalau tidak tahu baca saja teru sampai selesai, dijamin deh. Setelah membaca, Shobat pasti akan tahu. Wuiiih, kayak Profesor saja Kamus ini, hehehe. Ternyata Shobat, selidik punya selidik secara etimologi kata "pahlawan" berasal dari bahasa Sanskerta lho, yaitu "phala", yang bermakna “hasil atau buah”. Kemudian dalam bahasa Inggris, pahlawan disebut juga dengan "hero", yang diberi arti satu sosok legendaris dalam mitologi yang dikaruniai kekuatan yang luar biasa, keberanian dan kemampuan, serta diakui sebagai keturunan dewa yang dimana Pahlawan biasanya digambarkan sosok yang selalu membela kebenaran dan membela yang lemah.
Eits, Kamus Besar Bahasa Indonesia atau singkatnya KBBI Juga tidak mau kalah. Menurut KBBI, pahlawan berarti orang yang menonjol, karena keberanian dan pengorbanannya dalam membela kebenaran; pejuang yang gagah berani. Nah, setelah berbagai pendapat yang telah diutarakan oleh beberapa sumber, Kamus juga punya pendapat tentang pahlawan. Menurut kita, Pahlawan merupakan seseorang yang berpahala dan berjasa yang perbuatannya berhasil bagi kepentingan orang banyak. Perbuatan pahlawan sendiri memiliki pengaruh sangat banyak terhadap tingkah laku orang lain, karena dinilai mulia dan bermanfaat bagi kepentingan masyarakat, agama, dan bangsa serta umat manusia. Seorang pahlawan sejati, akan sepenuh hati mencintai negara dan bangsanya sehingga rela berkorban demi kelestarian dan kejayaan bangsa dan negaranya atau yang biasa disebut sebagai patriot. Wah, wah, wah, Kamus hebat jugakan dalam mengutarakan arti pahlawan? Yaiyalah namanya juga Kamus, hehehe.
Setelah menyimpulkan arti dari pahlawan, Kamus punya nih kategori-kategori yang layak disebut sebagai pahlawan, seperti:
1. PAHLAWAN REVOLUSI
Pahlawan yang Gugur karena kekejaman GESTAPO PKI ini dibuatkan monumen PANCASILA SAKTI dan tanggal 1 Oktober dijadikan hari KESAKTIAN PANCASILA.



2.PAHLAWAN NASIONAL
Pahlawan-Pahlawan ini diangkat sesuai dengan Peraturan yang berlaku Pangeran Diponegoro misalnya, perangnya pada tahun 1825 – 1830, yang dijadikan sebagai SAATNYA ADZAN MAGHRIB (khan jamnya sekitar 18.25 WIB-18.30 WIB.hehehe)


3.PAHLAWAN EMANSIPASI
Pecetusnya yaitu R.A Kartini. karena itu, sebagai tanda balas atas jasanya, hari lahirnyapun dinyatakan sebagai “HARI KARTINI”.


4.PAHLAWAN TANPA TANDA JASA
Bapak dan Ibu Guru patut diacungi 10 jempol. Karena mereka rela mengorbankan waktu dan berbagi ilmunya untuk para anak-anak yang kelak akan menjadi penerus bangsa.




5.PAHLAWAN DEVISA
Inilah pahlawan yang tersia-siakan, karena pahlawan ini adalah pahlawan yang mencari uang/devisa diluar negeri yang dimana sekarang sedang marak-maraknya TKI yang disiksa oleh para majikannya, bahkan ada yang sampai meninggal dunia.


6. PAHLAWAN KEMANUSIAAN
7. PAHLAWAN IMAN
8. PAHLAWAN KESIANGAN, dan sebagainya.
Emm, hebat dan bermacam-macam juga ya pahlawan itu. Shobat, kita lanjut kebahasan selanjutnya, yaitu siapa saja sih yang patut dan layak  diberi gelar pahlawan? 
Jeng, jeng...Menurut Kamus, pahlawan itu merupakan mereka-mereka yang telah;
1. Gugur di medan peperangan demi tercapainya kemerdekaan tanah air tercinta, Indonesia.
2. Berjuang mempertahankan kemerdekaan Indonesia dan menjadikan Indonesia lebih baik dan maju dari sebelumnya.
3. Mengajarkan kita huruf demi huruf dan angka-angka sehingga kita bisa membaca,menulis dan terhitung.
4. Mengharumkan nama Indonesia di tingkat internasional melalui berbagai pertandingan/perlombaan.  
5. Menjadi sumber pemasukan terbesar bagi negeri ini.
6. Membesarkan dan mendidik kita dari sebelum lahir, kecil hingga dewasa.
7. Membantu dan mendorong suksesnya orang-orang yang ada di lingkungannya
Mungkin masih banyak lagi arti pahlawan ya Shobat. Yang pasti, mereka yang tidak pernah kita kenal atau mungkin terlupakan layak dan pantas di beri gelar pahlawan. Untuk itu Kamus punya sedit pesan nih kepada Shobat, yaitu apapun dan bagaimanapun kita hari ini, berusahalah untuk selalu bersemangat, tidak mudah putus asa, optimis dan yakin akan kemampuan diri agar kita menjadi lebih baik dari hari-hari sebelumnya, dan jadilah pahlawan. Minimal untuk diri kita sendiri. Semangat!


Comments